This blog has moved here: www.agungwidagdo.com
Home » » Definisi dan Sejarah Virus Komputer

Definisi dan Sejarah Virus Komputer

Rileks Sejenak ...

agungpatiwidagdo.blogspot.com
Gak sengaja nih waktu lagi suntuk baca-baca buku catatan saudara, nemu pelajaran mengenai Virus Komputer. Ambil pulpen dan kertas langsung saja kusalin yang pada akhirnya kubuat posting di blogku ini... Jadi disini saya bukan untuk menjelaskan bagaimana cara membuat dan cara kerja virus, karena saya sendiri bukan seorang 'Virusser' yang mengerti tentang bahasa komputer assembly, biner, kode-kode ASCII dan segala macam yang berhubungan dengan virus.

Dalam postingan kali ini saya akan coba menulis tentang Definisi dan Sejarah Virus Komputer.

Definisi Dari Virus Komputer

Virus Komputer merupakan suatu program yang bersifat merusak, karena mempunyai program Routine ( cara kerja ) perusak yang dibuat oleh seorang programer Virus. Virus sendiri mempunyai karakteristik yang bersifat mengganggu, bisa merusak program dan menghancurkan hard disk. Virus juga dapat melakukan duplikasi dan pembesaran file dimana proses penyebarannya bisa melalui hard disk, cd room, flash disk dll.

Sejarah Singkat Virus Komputer

(1984)
- Pertama kali dikemukakan oleh dr.Fred Cohen ilmuwan asal Amerika dalam seminar Internasional Keamanan Komputer.

(1989)
- dr.Fred Cohen menciptakan antivirus 'Advance System Protection'.
- Muncul Virus yang bernama DEN ZUK yang diciptakan orang Bandung dimana IBM mencatatnya sebagai antivirus pertama didunia.

(1991)
- Virus Michaelangelo muncul menginfeksi sistem DOS.
- Muncul Virus Cascade yang bisa menyebabkan efek pada seluruh teks terlihat jatuh satu persatu dan menumpuk dibawah layar.

(1993)
- Virus Sayha Watpu muncul dengan kemampuan membesarkan semua ukuran file menjadi lebih besar.

(1994)
- Virus Stealth / Virus Siluman yang pertama "Ambulance", virus ini menginfeksi file komputer dan tidak menetap dalam memory. Sewaktu-waktu dapat muncul tanpa kita duga dengan diiringi suara sirine dari sound speaker.

(31 Desember 1999)
- Muncul Virus Millennium Bug " The Y2K Problem " merusak jaringan komputer yang tanggalnya tidak di format melebihi tanggal 31 desember 1999.

Pertanyaannya... apakah mungkin komputer kita tertulari Virus ?





Baca Juga :



Infolinks